Jumat, 03 Desember 2010

PERANGKAT KOMPUTER

KOMPUTER....???!!!! adalah suatu kata atau benda yang sudah asing lagi di telinga kita saat ini. Dan sudah banyak orang yang tau wujud benda dari komputer itu seperti apa. Tetapi jika mereka ditanya apasih sebenarnya komputer itu??? banyak sekali jawaban-jawaban dari mereka yang berbeda-beda. Jawaban terbanyak adalah bahwa komputer itu adalah alat elektronik tercanggih saat ini, yang bisa di gunakan untuk apa saja.

Dari beberapa referensi yang saya pelajari, kata KOMPUTER itu berasal dari bahasa latin COMPUTARE yang artinya adalah MENGHITUNG. Menurut sejarahnya awal pertama kali diciptakannya komputer adalah untuk memudahkan kegiatan manusia dalam hal menghitung. Tapi setelah semakin majunya ilmu teknologi, saat ini komputer tidak hanya digunakan untuk menghitung saja, komputer saat ini sudah menjadi multifungsi (mempunyai banyak kegunaan).

Dari situ saat ini pengertian komputer saat ini jadi lebih meluas. Saat ini KOMPUTER dikenal sebagai alat hitung elektronik, yang mampu mengolah data, menerima data, menyimpan data, menyajikan hasil pengolahan data yang berupa informasi sebagai keluaran dan proses kerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan didalamnya (program ini dikenal dengan SISTEM OPERASI)

Komputer memiliki 3 komponen yang dominan yaitu :

  1. Hardware : Perangkat Keras Komputer yaitu perangkat komputer yang bisa kita lihat sekaligus juga bisa kita pegang, seperti Monitor, CPU, Keyboard, Mouse, Flashdisk, Harddisk, Motherboard, dan masih banyak yang lain.
  2. Software : Perangkat Lunak Komputer yaitu perangkat komputer yang bisa kita lihat tetapi tidak bisa kita pegang, yaitu program - program komputer. Seperti, Sistem Operasi, Microsoft Office, Game, CorelDraw, dan lain-lain
  3. Brainware : Yaitu USER atau pengguna dari komputer itu sendiri, yaitu manusia.
Mengapa ke-3 komponen diatas saling dominan?? ya.. karena apabila salah satu dari 3 perangkat diatas tidak ada, maka komputer tidak bisa beroperasi atau tidak bisa dijalankan.

REFERENSI LEBIH LANJUT TENTANG PERANGKAT KOMPUTER BISA KALIAN BACA DISINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar